Monday, March 11, 2024

Pengalaman Tes Kerja | Interview | Wawancara PT Value Stream Indonesia

Halo, teman-teman pencari kerja! Kali ini saya akan share pengalaman saya ketika melamar ke PT Value Stream Indonesia. Saya melamar ke perusahaan ini dari Jobstreet untuk posisi Marketing. Secara umum PT Value Stream Indonesia adalah perusahaan payment gateway yang sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar. Perusahaan ini banyak berkontribusi di belakang layar sebagai IT consultant. Perusahaan ini berlokasi di Bandung dan profile company secara lengkap dapat dilihat pada link berikut.


Meski perusahaan ini bergerak dalam bidang IT, namun perusahaan ini terbuka untuk berbagai macam jurusan sesuai dengan posisi yang dilamar. Oleh karena posisi yang saya apply adalah marketing, maka tidak wajib bagi saya untuk memiliki background pendidikan IT.  

Proses recruitment perusahaan ini cukup umum. Pertama, kita diminta untuk memperkenalkan diri dan menceritakan gambaran besar diri, termasuk: pendidikan dan pengalaman kerja. Setelah itu; ada psikotest yang harus dilakukan: Tes IQ, Analog Verbal, Spasial, EPPS dan Pauli. Soal yang diberikan tidak sesusah dan sebanyak psikotest untuk masuk S1 ITB dan psikotest Paragon, jadi teman-teman tidak perlu khawatir karena waktu yang diberikan cukup. Bagi saya, waktu untuk mengerjakan Pauli yang kurang, karena kemampuan deret saya kurang. Setelah itu akan ada form yang harus diisi dan salah satunya "perusahaan mana saja yang kamu lamar". Kebetulan saat itu saya sedang mencari pekerjaan, sehingga saya menulis banyak perusahaan.

Sekilas tentang kondisi kerja di perusahaan ini berdasarkan tanya-jawab saya dengan recruiter:

  1. Perusahaan ini memiliki 2 gedung. Jika teman-teman mendapatkan kesempatan untuk wawancara, silahkan konfirmasi gedung mana lokasinya. Karena, pin point di googlemap kurang jelas sehingga perlu konfirmasi lebih jauh ke recruiter
  2. Kerja dari hari Senin - Jumat jam 08:00 - 17:00
  3. Cuti bersama memotong cuti tahunan
  4. Fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan standar pemerintah
  5. Bekerja dengan menggunakan bahasa Indonesia
  6. Akan dipinjamkan laptop untuk kerja, namun diperbolehkan jika ingin menggunakan laptop pribadi
  7. Staff bisa konsultasi langsung dengan direktur, baik lewat WA dan tatap muka
  8. Bagian marketing akan sering koordinasi dengan bagian IT dan client
  9. Bagian marketing akan sering keluar kantor untuk bertemu client dan kemungkinan besar sering business trip ke Jakarta, karena sebagian besar kantor pusat bank berada di Jakarta
  10. Usia pekerja di sana rata-rata 30an

Teman-teman bisa bebas bertanya terkait detail pekerjaan yang teman-teman lamar agar bisa membandingkan perusahaan satu dengan yang lainnya.

Sekian sharing dari saya, kebetulan saya tidak lulus ke tahap selanjutnya, yaitu: wawancara dengan Direktur. Semoga teman-teman dimudahkan prosesnya untuk melamar ke perusahaan ini. Jangan berkecil hati jika sebuah perusahaan tidak melanjutkan proses recruitmentnya dengan teman-teman. Hal ini bukan berarti teman-teman tidak mamou, namun memang teman-teman saat ini bukan kandidat yang cocok untuk lowongan yang tersedia di sebuah perusahaan. Terus semangat apply pekerjaan, semoga teman-teman segera mendapatkan pekerjaan yang terbaik.

No comments: