Monday, March 26, 2018

Pengalaman Interview Paragon | Tes Kerja | Wawancara Kerja

Halo teman-teman pencari kerja! Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya saat tes kerja ke PT Paragon. Dalam proses recruitmentnya Paragon memiliki beberapat tahap. Tahapan yang pernah saya lewati adalah: Psikotest, Tes Kepribadian + Wawancara Tulis, Interview HRD, dan Interview dengan Owner. Semoga, tulisan ini bisa membantu teman-teman semua untuk mempersiapkan diri.

Tes Psikotest
Psikotest dilakukan seperti pada umumnya, yaitu: tes IQ (tes menghitung, tes verbal, tes ruang bangun, tes menghitung) dan tes kraepelin. Ada kalanya peserta tes sangat banyak sehingga pihak HRD harus membagi tes ini menjadi 2 tahap, yaitu: tes IQ dan tes kraepelin dengan penyisihan untuk tiap tahap.

Agar anda berhasil pada tes ini hal yang wajib anda lakukan adalah berlatih. Semakin sering anda latihan, semakin cepat anda dapat mengerjakan. Tes IQ merupakan tes kemampuan akademik matematika dasar. Soal-soal tes verbal tidak susah. Pada umumnya orang dapat mengerjakan bagian ini dengan cepat. Tes ini meliputi: sinonim dan antonim. Pada tes bangun ruang, anda harus membayangkan sebuah benda yang dapat dibentuk dari beberapa bagian.

Tes berikutnya adalah tes kraeppelin. Tes ini dilakukan selama 1 jam non-stop. Berdasarkan pengalaman saya, bila bisa menghitung lebih dari 1 kertas maka posisi saya sudah aman. Selama ini, saya dapat mengisi 1 lembar kertas (2 halaman bolak-balik) dan tambahan 1/4 lembar kertas (sekitar 1/2 halaman). Namun demikian, hal yang paling utama pada tes ini adalah kemampuan "tahan banting" anda. Dengan kata lain, kecepatan anda mengerjakan harus konsisten.

Tes Kepribadian + Wawancara Tertulis (di kampus masing-masing)
Tes kepribadian terdiri dari: tes WARTEGG, menggambar pohon, menggambar orang, tes prefference, wawancara terlulis.

Pada tes WARTEGG anda akan diminta untuk menggambar pada 8 kotak. Anda juga akan diminta untuk menulis urutan menggambar, keterangan gambar, gambar mudah, gambar susah, gambar disukai, dan gambar tidak disukai. Saya tidak mengerti tujuan dari tes ini, namun selama ini saya tidak pernah memberikan 2 keterangan pada 1 gambar dan saya tidak pernah memberikan tanda "gambar tidak disuka" dan tanda "susah" pada gambar urutan terakhir.

Tes menggambar pohon dan tes menggambar orang. Tes preference. Tes ini bertujuan untuk mengetahui pribada anda lebih jauh. Saya hanya mengetahui 2 macam tes kepribadian, tes PAPI dan tes yang satunya (saya tidak tahu namanya). Tes wawancara tulis terdiri dari kurang lebih 10 pertanyaan mengenai diri anda

Interview HRD (di kampus masing-masing)
Pertanyaan seputar diri. Berdasarkan pengalaman saya, pertanyaannya bersifa random. Tapi, biasanya pewawancara akan bertanya: rencana 5-10 tahun ke depan, apakan sudah pernah ikut tes untuk melamar perusahaan ini, apakan anda melamar ke tempat lain, ceritakan kegiatan anda, dan mengapa anda memilih kuliah di jurusan tsb.

Berdasarkan pengalaman saya, seseorang akan mendapat nilai plus bila pewawancara tahu bahwa anda adalah orang yang mandiri. Namun demikian, saya tidak bisa memberikan tips and trick untuk tahap ini, karena jawaban saya pada setiap wawancara tidak beda jauh. Namun, hasilnya keputusan pewawancara selalu berbeda.Terkadang saya lolos, terkadang saya gagal.

Interview Dengan Owner (di Jakarta)
Pada tahap ini anda akan diwawancara oleh 10 orang. Pertanyaan yang dilayangkan bersifat random. Namun pada umumnya, mereka akan bertanya bagian apa yang ingin ada lamar dan alasannya. jangan lupa hafalkan wajah petinggi-petinggi PT Paragon. Karena, terdapat kemungkinan bahwa orang yang paling sering bertanya pada anda adalah calon atasan anda.


*Saran: saya sarankan anda mendaftar pada Job Fair kampus masing-masing atau pada Job Fair umum

No comments: