Friday, May 04, 2018

Pengalaman Tes Kerja PT YKKAP | Interview | Wawancara Kerja

Halo teman-teman pencari kerja! Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya saat tes kerja ke PT YKKAP. Dalam proses recruitmentnya PT YKKAP memiliki beberapat tahap. Tahapan yang pernah saya lewati adalah: seleksi berkas, tes gambar, tes menghitung, dan wawancara user. Saya telah 2 kali mendaftar pada perusahaan ini. Seingat saya jurusan yang dapat melamar pada perusahaan ini adalah teknik mesin, teknik sipil, arsitek, bisnis administrasi, management, sastra Jepang N3/N2 (translator), dan semua jurusan (untuk posisi tertentu). Semoga, tulisan ini bisa membantu teman-teman semua untuk mempersiapkan diri.


Saat Apply ke PT YKKAP untuk Pertama Kali

Seleksi Berkas
Seperti pada perusahaan lainnya, PT YKKAP melakukan seleksi berkas. Tahapan ini dimulai sejak anda mendaftar. Berdasarkan pengalaman saya, semua perusahaan memilih calon pekerja berdasarkan asal universitas, jurusan, IP, dan pengalaman kerja (kecuali jika anda mendaftar pada fresh graduate). Anda akan diminta mengisi data (nama, asal universitas, jurusan, no HP). Hal yang harus dipersiapkan adalah jangan lupa membawa pas foto dan lem/hekter. Lem/hekter digunakan untuk menempelkan pass foto pada form yang diberikan petugas. Bila anda lolos seleksi ini, anda akan mendapat sms (pada hari yang sama) untuk undangan interview.

Tes Akademik (Tes Gambar dan Menghitung)
Tes ini berbeda untuk posisi yang anda pilih. Namun berdasarkan pengalaman saya, semua peserta diwajibkan untuk ikut tes menghitung. Pada tes ini, mata pelajaran yang menjadi bahan tes adalah matematika dan fisika. Berdasarkan ingatan saya, soal yang dijadikan bahan tes adalah matematika dan fisika SMA kelas 2. Jadi persiapkan diri sebaik mungkin. Ketika saya mengerjakan tes ini, semua peserta merasa kesusahan (karena lupa rumus apa yang harus digunakan) dan hanya bisa tersenyum saat melihat soal...


Tes gambar hanya diberikan pada calon peserta dengan latar belakang teknik (dan pada peserta yang mendaftar pada lowongan teknik). Pada tes ini, anda akan diminta untuk menggambar bangun ruang 3D. Anda akan diminta untuk memperkirakan bentuk suatu bangunan berdasarkan 3 gambar yang diberikan. Tes gambar 3D yang diberikan pun juga susah. Saya melihat sekeliling dan peserta lain hanya bisa tersenyum dan mengarang jawaban...


Interview User
Interviewer perusahaan ini adalah orang Jepang, dengan demikian interview dilakukan dalam bahasa Inggris. Tapi jangan takut, karena user didampingi oleh 1 orang Indonesia. Pada kasus saya, saya telah bertemu sebelumnya pada saat seleksi berkas. Pertanyaan interview adalah pertanyaan yang umum ditanyakan pada interview kerja lainnya, seperti: rencana 5-10 tahun ke depan, apakan sudah pernah ikut tes untuk melamar perusahaan ini, apakan anda melamar ke tempat lain, ceritakan kegiatan anda, ceritakan skripsi anda, dll. Namun, perbedaan pada interview PT YKKAP, interviewer akan bertanya tentang pendapat anda mengenai tes akademik. Saya sarankan anda mengenakan office look (jas/blazer + celana kain/rok kain), karena sepengetahuan saya orang Jepang akan lebih senang bila anda mengenakan office look. Selain itu, tunggu sampai anda dipersilakan duduk. Bila anda lolos, biasanya anda akan dihubungi seminggu kemudian melalui sms.

Saat Apply ke PT YKKAP untuk Kedua Kali

Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mendaftar kembali. Pada kali ini, saya hanya diminta mengisi data (nama, asal universitas, jurusan, dan no telepon). Bila lolos seleksi data, anda akan diminta untuk mengisi form melamar oleh petugas.

Demikian pengalaman saya saat melamar pada PT YKKAP. Saya harap tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Saya sarankan anda mendaftar pada Job Fair kampus masing-masing atau pada Job Fair umum. Jangan lupa membawa pass foto dan lem. Selain itu, pelajari kembali pelajaran fisika dan matematika SMA dan berlatih menggambar 3D.

No comments: