Monday, May 28, 2018

Pengalaman Tes Kerja | Interview | Wawancara ODP Bank Syariah Mandiri

Halo, teman-teman pencari kerja!

Kembali lagi di pengalaman saya dalam mencari kerja. Kali ini pengalaman yang akan saya share adalah ODP Bank Syariah Mandiri. Berdasarkan informasi yang saya terima, tahapan tes Bank Syariah Mandiri adalah: mengaji, psikotes, wawancara HR, dan wawancara board of director.

Berdasarkan pengalaman saya, Bank Syariah Mandiri memberikan kesempatan yang sama pada seluruh calon peserta. Baik dari background pendidikan dan asal universitas. Biasanya, Bank Syariah Mandiri mengirimkan pemberitahuan melalui email dan sms (dari system, bukan dari no HP)

Tes Mengaji
Dress Code: Formal

Ketika saya mengikuti tes, tapahan ini dibagi sekitar 3 kloter. Sepertinya, peserta dari kloter jam keberapapun dapat mengikuti tes untuk kloter lain, karena pemanggilan tes berdasarkan pengisian absen dan absen ditulis masing-masing oleh peserta. Pada tes ini banyak peserta yang hadir dan bank mandiri bisa menyelesaikan tahap ini dengan cepat. Pengujinya ada banyak dan pertanyaan yang diajukan pun tidak bertele-tele. Seingat saya, waktu itu saya dapat urutan sekitar 250an, tapi saya sudah bisa pulang sekitar jam 12 (saya datang jam sekitar jam 11)

Pada tahapan ini, tidak terlalu banyak yang harus dipersiapkan, karena tes yang dilakukan adalah mengaji, tes agama dasar, dan perkenalan diri secara umum. Surat yang diminta untuk dibaca random dan tiap orang berbeda, tapi rata-rata surat yang perlu dibaca hanya sekitar 5 ayat. Setelah mengaji, penguji akan bertanya mengenai pengetahuan agams dasar dan pertanyaan pun bersifat random. Tes terakhir adalah pertanyaan seputar diri.

Berdasarkan pengalaman saya, pada tahapan ini penguji fokus pada peserta yang mampu mengaji dengan baik dan minimal memiliki basic pengetahuan agama. Sepertinya, pertanyaan agama yang diajukan ke peserta, tergantung dari seberapa lancar peserta mengaji. Karena waktu itu saya hanya diberi pertanyaan mudah sedangkan peserta lain ada yang diberi pertanyaan mengenai waktu-waktu puasa sunnah. Jadi, usahakan ngajinya lancar ya, guys! :)

Pengumuman lulus atau tidaknya nanti diumumkan magrib di hari yang sama melalui SMS dan email. Kalau bisa hadir, jangan lupa balas email dari Mandiri

Psikotes
Dress Code: Office Look ->laki-laki menggunakan dasi merah + pantopel, perempuan mengenakan hijab merah, blazer gelap, + pantopel

Tes hari ini diawali dengan pengisian absen (berdasarkan urutan kehadiran), kata sambutan dari manager, dan dilanjutkan dengan psikotes. Psikotes yang dilakukan sama dengan psikotes lainnya, yaitu: menggambar pohon, orang, dan WARTEGG; krappelin; dan tes pribadi. Untuk tes ini, saya sarankan anda berlatih terlebih dahulu, karena tahapan ini benar-benar menguras tenaga. Jangan lupa persiapkan pesil 2B (pensil kayu), pensil HB (pensil kayu), dan pulpen.

Pengumuman lulus atau tidaknya nanti diumumkan magrib di hari yang sama melalui SMS dan email. Kalau bisa hadir, jangan lupa balas email dari Mandiri

Wawancara HR
Dress Code: Office Look ->laki-laki menggunakan dasi merah + pantopel, perempuan mengenakan hijab merah, blazer gelap, + pantopel

Tes hari ini diawali dengan pengisian absen, dilanjutkan dengan LGD, dan diakhiri dengan wawancara dengan psikolog.

Grup LGD terdiri dari 7-8 orang dan diskusi dilakukan dalam bahasa Indonesia. Jangan lupa siapkan alat tulis. Case yang diberikan random, tapi masih seputar bank. Berdasarkan pengalaman saya, salah satu hal yang dinilai dari tes ini adalah kemampuan leadership, bekerjasama, dan mendengarkan pendapat. Bila anda tidak mengeluarkan pendapat atau hanya mengulang perkataan peserta lain, biasanya anda tidak akan lolos. Jadi untuk lebih aman, jangan terlalu diam dan jangan terlalu mendominasi, karena yang dilihat dari tes ini adalah kemampuan bekerjasama. Jangan lupa untuk mengutarakan pendapat dengan argumen yang jelas, usahakan tidak gugup, dan jangan lupa dengar + catat pendapat peserta lain. Di akhir LGD, anda akan diminta untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.

Pada tahapan ini pun, Bank Syariah mandiri menggunakan waku dengan sangat efisien. Waktu yang dibutuhkan pada tes ini sebenarnya hanya sebentar, namun karena waktu itu saya terpotong ISOMA, saya harus menunggu 1 jam lebih lama.  Untuk wawancara psikolog, saya tidak bisa memberi saran karena hingga saat ini saya tidak pernah lulus dari tes psikolog.

Pengumuman lulus atau tidaknya akan diumumkan 2 minggu setelah tes melalui SMS dan email. Setahusaya setelah tahapan ini, anda akan diwawancarai oleh board of director. Bila anda lulus wawancara ini, maka tahapan tes selanjutnya adalah tes kesehatan.

Berdasarkan pengalaman saya selama mengikuti tes kerja, Bank Syariah Mandiri mampu melakukan proses rekruitmen dengan sangat baik. Bank mampu mendesain rekrutmen dengan efisien sehingga tidak membuang-buang waktu peserta. Meski pun saya adalah pencari kerja, Bank Syariah Mandiri tetap memperlakukan saya selayaknya customer. Anda tidak perlu khawatir untuk urusan shalat, karena Bank Syariah Mandiri menyediakan mushala yang bersih dan terang, sehingga anda akan merasa nyaman saat shalat.
Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman semua dalam mempersiapkan tes ke Bank Syariah Mandiri



No comments: