Saturday, June 16, 2018

Pengalaman Tes Kerja/Interview ODP Bank BJB

 

Halo, teman-teman pencari kerja! Kembali lagi dengan sharing pengalaman tes kerja saya. Kali ini pengalaman yang akan saya share adalah ODP Bank BJB. Sebelum saya mulai sharingnya, mari kita bahas sedikit mengenai Bank BJB.

Kantor Pusat Bank BJB, Jl. Naripan no 7, Bandung

Bank BJB didirikan pada tahun 1961 dengan nama Bank Jabar Banten. Bank ini bekantor pusat di Jl. Naripan 7, Bandung, Jawa Barat. Visi bank BJB adalah "Menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja baik di Indonesia". Untuk mencapai visi tersebut, Bank BJB memiliki 3 misi, yaitu: (http://www.bankbjb.co.id/id/corporate-website/hubungan-investor/tentang-bank-bjb/visi-dan-misi.html, 2018, 11:30 PM)
  • Penggerak dan Pendorong Laju Perekonomian Daerah
  • Melaksanakan Penyimpanan Uang Daerah
  • Salah satu Sumber Pendapatan Asli Daerah
Secara garis besar, bank ini memiliki 5 produk, yaitu: Consumer Banking, Micro and Small Business, Commercial Banking, Treasury, dan International Banking. Kelima produk tersebut memiliki beberapa sub-produk dan berikut adalah beberapa di antaranya (Wikipedia, 2018, 11:20 PM):
  • Consumer Banking: bjb KPR, Reksa Dana, Simpeda, TabunganKu, dan bjb Tandamata
  • Micro and Small Business: bjb KKPE, bjb Kredit Mikro Usaha, bjb Kridamas, bjb KUR, dan bjb SRRG
  • Commercial Banking: bjb Deposito Korporasi, bjb Garansi Bank, bjb Giro Korporasi, bjb Kredit Investasi Umum, dan bjb Kredit Modal Kerja
  • Treasury: Capital Market Product, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), Dealing Room, Foreign Exchange Trading, dan Hedging Intrument
  • International Banking: bjb Deposito Valas, bjb Giro Valas, bjb Remittance, SKBDN, dan bjb Tandamata Dollar
Alasan utama saya mendaftar Bank BJB adalah karena saya sama sekali belum dapat kerja. LOL XD
Alasan berikutnya adalah karena pusatnya di Bandung. Selain itu, karena misi bank ini adalah untuk kemajuan perekonomian daerah, jadi saya memperkirakan penempatannya tidak akan jauh-jauh dari daerah Jawa Barat.

Saya mendapat info mengenai lowongan kerja ini (kalau tidak salah) dari situs online ini. Meski pendaftaran dilakukan secara online, namun pengumpulan berkas dilakukan dengan menggunakan hard copy. Seingat saya, berkas yang harus dikumpulkan adalah CV + surat lamaran, ijazah legalisir, transkrip legalisir, foto 3x4 (latar belakang biru), foto 1 badan (latar belakang biru), dan berkas dikumpulkan dengan menggunakan map berwarna biru.

Hari pertama adalah cek berkas. Pada tahap ini, pengecekan berkas akan dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: jam 9, jam 10, dan jam 11. Saran saya, sebaiknya anda datang jam 9.15 meski anda kebagian jam 11. Karena antriannya sangat panjang dan pemanggilan dilakukan berdasarkan pengisian urutan absen. Waktu itu saya kebagian jam 11 dan saya datang tepat jam 11, namun baru dipanggil sekitar jam 01:30. Pada waktu itu, urutan antrian saya adalah no 63. Pada tahapan ini BJB meminta untuk membawa ijazah + transkrip asli. Namun pada saat pengecekan berkas, ijazah + transkrip asli tidak dilihat. Selain itu, di tahap ini setiap pelamar akan diukur tinggi badan dan ditimbang berat badan. Pihak BJB juga akan mengambil foto 1 badan anda. Setelah selesai, anda akan berbincang dengan bagian HR. Waktu itu, saya hanya diminta perkenalan diri dan mengumpulkan berkas. perbincangan dengan HR tidak menegangkan, karena inti dari tahapan ini adalah pengumpulan berkas. Setelah itu saya pulang dan menunggu kabar selanjutnya.

Beberapa hari kemudian, saya mendapat email untuk interview dari BJB dan BJB meminta berkas yang sama untuk dikumpulkan. Pada tahapan ini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu: jam 9, jam 10, jam 11, dan jam 1. Ketika itu saya kebagian jam 11. Belajar dari pengalaman sebelumnya, saya datang jam 10 kurang dan baru dipanggil sekitar jam 2 lewat. Sepertinya pada tahapan ini BJB membagi interview dalam beberapa hari, karena hari ini jumlah yang datang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan hari pertama. 

Pertanyaan interview yang ditanyakan untuk tiap orang berbeda, karena tidak semua peserta ditanyai mengenai balance sheet. Ketika saya masuk ke ruang interview, saya sempat mendengar interview orang di sebelah saya. Seingat saya, dia ditanya mengenai diri dan pengetahuan mengenai Bank BJB. Ada peserta lain yang diberi saran agar sebaiknya memilih pekerjaan lain. Waktu yang dibutuhkan untuk tiap orang pada tahapan ini juga berbeda. Paling sebentar 15 menit dan paling lama 30 menit. Suasana interview tidak menegangkan. Pertanyaan interview bersifat umum, seperti: perkenalan diri, alasan mendaftar ke BJB, dan apa perbedaan BJB dengan bank lain. Selain itu, saat interview saya diminta pendapat mengenai sebuah permasalahan. Bila saya menyimpulkan dari perkataan interviewer saya, sepertinya Bank BJB menginginkan orang yang bisa accounting. Dengan demikian bila anda memang ingin bekerja di Bank BJB, ada harus mempelajari balance sheet dan accounting dasar. Bila anda lolos tahapan ini, maka sebulan kemudian anda akan medapat email untuk tes kemampuan dasar.

Tes kemampuan dasar dilakukan di Jakarta. Jangan lupa untuk membawa pensil 2B, pulpen, penghapus, dll. Berkas yang harus dipersiapkan sama seperti sebelumnya, yaitu: foto, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip, dll. Dress code: office look. Sayangnya, saya hanya bisa sharing sampai sini.  Karena satu dan lain hal, saya tidak bisa menghadiri tahapan selanjutnya.

Semoga, sharing ini bermanfaat dan teman-teman sekalian bisa lolos tahapan ini dengan mudah :)

No comments: