Thursday, August 09, 2018

Pengalaman Tes Kerja | Interview | Wawancara Danamon Bankers Trainee (DBT)

 
Halo, teman-teman pencari kerja! Post kali ini ada pengalaman saya ketika mengikuti tes kerja di Danamon. Sebelum kita masuk ke sesi sharing pengalaman, mari kita bahas sedikit mengenai Bank Danamon.

Sekilas Mengenai Danamon

Bank Danamon didirian pada tahun 1956 sebagai Bank Kopra Indonesia dan pada tahun 1976, bank ini berubah nama menjadi PT Bank Danamon Indonesia. Bank Danamon menjadi bank devisa pertama di Indonesia pada tahun 1988. Setahun kemudian, perusahaan ini menjadi perusahaan publik melalui penawaran saham di bursa efek Jakarta.

Slogan Bank Danamon: Saatnya pegang kendali

Visi Bank Danamon: Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan

Misi Bank Danamon:
  1. Menjadi lembaga keuangan terkemuka di Indonesia yang keberadaannya diperhitungkan
  2. Oraganisasi yang berpusat pada nasabah, yang melayani semua segmen dengan menawarkan nilai yang unik untuk masing-masing segmen, berdasarkan keunggulan penjualan dan pelayanan, serta didukung oleh teknologi kelas dunia.
  3. Menjadi perusahaan pilihan untuk berkarya dan yang dihormati oleh nasabah, karyawan, pemegang saham, regulator dan komunitas di mana kami berada.
(Source: https://www.danamon.co.id/id/Tentang-Danamon/ProfilPerusahaan/Visi-Misi-dan-Nilai-Nilai, diakses pada: 9 Agustus 2018, 11:50 AM)
Produk Bank Danamon:
  1. Simpanan: tabungan danamon, tabungan syariah, giro, deposito danamon, deposito syariah
  2. Pinjaman: KTA instant, pendanaan otomotif, KPR, pembiayaan kepemilikan rumah iB
  3. Kartu transaksi: kartu debit danamon, kartu debit danamon VISA master card, dll
  4. E-banking: D-bank, D-mobile, dll
  5. Asuransi: asuransi jiwa tradisional, asuransi jiwa unit link
  6. Partnership: danamon MU, danamon western union, danaom corporate shell card
  7. Investasi: reksadana, obligasi, valas, dll
  8. Syariah: tabungan syariah, deposito syariah, dll
Selain itu, Danamon juga menawarkan promo-promo seperti: promo penawaran khusus, privilage, transfer dana, dll

Anak Perusahaan Bank Danamon:
  1. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance)
  2. PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance)
  3. PT Adira Quantum Multifinance (Adira Kredit)
Program Danamon Bankers Trainee

Program DBT adalah sebuah program yang dirancang agar seorang banker dapat menjadi leader dalam waktu singkat. Program ini merupakan program khusus karena bankers akan mendapatkan pelatihan khusus selama setahun. Pelatihan yang diberikan berupa kelas + mentoring, On Job Training (rotation assignment dari front line sampai back end), dan project. Selain itu, bankers juga akan mendapat kesempatan untuk mengikuti tes sertifikasi omega (sertifikat banking).

Note:
  • Latih bahasa Inggris teman-teman sebelum mengikuti tes DBT
  • Catat nomor peserta teman-teman, karena nomor ini akan digunakan hingga akhir tes

Tes Hari Pertama: LGD dan Interview Awal
Hari pertama dimulai dengan pengisian absen dan pemberian nomor yang akan digunakan untuk tes. Kemudian, Bank Danamon akan memberikan presentasi mengenai program ini. Dimulai dari gambaran bank secara umum, kondisi ekonomi Indonesia, tahapan tes, tahapan development selama 1 tahun, dll. Jangan lupa untuk mencatat hal-hal penting yang bisa digunakan dalam interview. Teman-teman juga akan diminta untuk mengisi form. Setelah presentasi selesai, peserta akan diminta menunggu 10-15 menit di luar untuk pembagian kelompok LGD (leaderless group discussion).
Kemudian, para peserta diminta masuk ke dalam dan duduk sesuai kelompok LGD yang terdiri dari 7-8 orang. Pada sesi ini, para peserta diminta untuk memecahkan suatu masalah dengan cara berdiskusi. Pada lembar soal terdapat case (bahasa Inggris) dan kurang lebih terdapat 5 pertanyaan. Diskusi dan pengambilan kesimpulan harus dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Case untuk tiap batch bersifat random.
Tips lulus LGD (berdasarkan pengalaman saya), biasanya peserta gagal karena bingung ketika berdiskusi. Saran saya; jangan lupa untuk aktif, namun jangan sampai mendominasi, bahkan memaksakan pendapat. Sampaikan pendapat dengan jelas dan jangan lupa untuk mendengarkan pendapat peserta lain. Jangan ragu untuk mendukung ide-ide bagus. Bila tidak setuju dengan pendapat orang lain, sampaikan keberatan dengan bahasa yang sopan. Jangan lupa catat hal penting di kertas yang dibagikan. Saya sarankan untuk tidak melihat orang HR yang sedang mengamati karena, konsentrasi teman-teman akan buyar.
Sepertinya, pada pada tahapan ini yang dilihat bukanlah jawaban dari hasil diskusi. Melainkan kemampuan seseorang untuk mendengarkan pendapat, mengemukakan pendapat, mengetahui informasi penting, dan kemampuan untuk bekerja sama. Di akhir LGD, peserta diminta untuk menuliskan 2 orang yang paling berkontribusi dan 2 orang yang paling tidak berkontribusi beserta alasannya. Setelah itu, peserta diminta untuk kembali menunggu sekitar 30-60 menit (tergantung kondisi). Peserta yang lolos tahap ini, akan diminta untuk mengikuti interview awal.

Pada interview awal; teman-teman akan ditanya mengenai CV, kegiatan sehari-hari, alasan kenapa ingin bergabung dengan Danamon, dll. Interview dilakukan dalam bahasa Inggris. Setelah interview awal selesai, teman-teman diminta untuk menunggu sekitar 30 menit. Bagi peserta yang lolos, maka akan diundang untuk mengikuti in tray test. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup karena tahap in tray test membutuhkan konsentrasi 100%.
Tes Hari Kedua: In Tray Test
Tes ini dilakukan selama setengah hari. Pada tes ini, teman-teman akan diminta untuk mengerjakan case. Case yang diberikan bersifat random. Case yang diberikan sangat panjang (berlembar-lembar) dan case ditulis dalam bahasa Inggris. Saya sarankan teman-teman untuk membaca dengan pikiran jernih dan berdo'a agar tidak lupa. Waktu yang diberikan hanya 1 jam dan untuk saya pribadi, waktu ini sangat kurang karena kelemahan saya adalah membaca (baik membaca dalam bahasa Indonesia mau pun bahasa Inggris) dan daya ingat. Teman-teman akan diminta untuk menarik kesimpulan dari setiap file yang diberikan dan mengajukan solusi untuk case tersebut.

Setelah selesai, teman-teman akan diberi 3 lembar kertas yang akan digunakan untuk membuat poster. Poster tersebut akan digunakan untuk presentasi. Saya sarankan agar teman-teman gunakan 1 kertas dan tulis hal yang paling penting saja, karena waktu yang diberikan tidak akan cukup bila harus menulis 3 kertas. Setelah poster selesai dibuat, teman-teman akan diminta menunggu sekitar 10 menit (tergantung kondisi) untuk presentasi.
Presentasi dilakukan dalam bahasa Inggris. Saat presentasi, jangan lupa memberikan penjelasan berdasarkan data dan kondisi yang tertulis pada case. Saat sesi tanya jawab pun, usahakan untuk selalu menyertai jawaban dengan data. Sepertinya akan ada nilai tambah, karena ketika saya menjelaskan jawaban disertai data, bagian HR mencatat sesuatu. Di akhir presentasi, teman-teman akan diwawancara. Pertanyaan wawancara bersifat random, namun setelah saya berkali-kali tes ke bank, pertanyaan rata-rata interviewer adalah:
"Kamu lebih suka kerja hitungan atau ketemu orang?"
Jawab: ketemu orang, karena ... --> wajib jawab ketemu orang, jangan abu-abu
"Kamu suka kerja pake target?"
Jawab: suka, karena ... --> wajib jawab suka, jangan abu-abu 

Kedua jawaban ini saya dapatkan setelah saya berkali-kali interview ke bank. Saya tanpa sengaja mendapatkan jawabannya, ketika interviewer dari salah satu bank "keceplosan". Jawaban ini saya dapatkan saat interviewer memberi saya kesempatan untuk bertanya. Saya tidak begitu ingat isi dari "keceplosannya" interviewer tersebut. Tapi intinya, bank ingin merekrut sales.

Sharing untuk DBT sampai di sini, karena saya belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tahap seanjutnya. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman untuk memersiapkan diri. Bila teman-teman lolos tahap ini, saya mengucapkan selamat! Teman-teman akan menjalani pelatihan selama 1 tahun dan saya yakin, pengetahuan perbankan teman-teman akan meningkat drastis.

No comments: