Tuesday, August 28, 2018

Pengalaman Tes Kerja | Interview | Wawancara UNIQLO Manager Candidate

Kembali lagi dengan sharing pengalaman kerja, guys! Sharing kali ini adalah UNIQLO Maganer Cadidate. Sebelum sharing, mari kita bahas sekilas mengenai UNIQLO


UNIQLO adalah sebuah perusahaan Jepang yang bergerak dalam bidang fashion. Perusahaan ini menawarkan berbagai macam pakaian kasual, mulai dari balita hingga dewasa. UNIQLO selalu berusaha untuk memberikan produk terbaik bagi para konsumernya. Baik dari segi kualitas jahitan, kualitas material, dan pattern. Kunci kesuksesan UNIQLO adalah komunikasi. UNIQLO selalu mengutamakan komunikasi dalam setiap jenis kegiatannya; dimulai dari desain, pemilihan bahan, produksi, dan penjualan produk.

Model bisnis UNIQLO: Research & Design (designers/pattern makers), merchandising, development and procurement of materials, production department, production network, inventory control, marketing, online sales, dan customer insight team. (Source: https://www.fastretailing.com/eng/group/strategy/uniqlobusiness.html)

OK, hari pertama dimulai dari pendaftaran di booth job fair. Kesempatan Manager Candidate terbuka untuk semua jurusan dan latar belakang pendidikan minimal D3. Fresh graduate atau pun kandidat berpengalaman memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar. Setelah itu, anda akan diberi email undangan untuk menghadiri presentasi mengenai UNIQLO dan LGD.
Presentasi dan tanya jawab dilakukan selama kurang lebih 30 menit - 1 jam (saya tidak ingat karena sudah lama). Dalam presentasi, banyak hal yang dibahas. Beberapa di antaranya: partner UNIQLO, jenis produk UNIQLO, sistem kerja shift, dan gaji. Saat saya mengikuti tes, gaji yg ditawarkan sebesar Rp. 6.800.000,00. Jangan lupa untuk memperhatikan presentasi dengan seksama. Jangan lupa untuk mencatat hal-hal penting. Selain itu, jangan lupa baca-baca mengenai UNIQLO, karena hal ini sangat bermanfaat untuk sesi berikutnya, yaitu: LGD

LGD dilakukan dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok kurang lebih terdiri dari 10 orang. Case yang ditawarkan bersifat random, namun permasalahan yang dibahas adalah mengenai UNIQLO. 
Tips lulus LGD dari pengalaman pribadi, jangan lupa untuk aktif namun tidak mendominasi. Sampaikan ide dengan argumen yang jelas. Saat sesi ini, wajib mengutarakan ide. Jika anda hanya diam, hanya mengulang perkataan orang lain, hanya mencatat tanpa mengungkapkan gagasan, atau tidak fokus berdiskusi, maka sudah pasti anda akan fail. Karena pada tahapan ini yang dinilai adalah: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan berargumen dengan baik, kemampuan leadership, dan kemampuan bekerja sama. Saya juga menyarankan untuk anda agar tidak melihat tim penilai agar teman-teman bisa tetap fokus saat diskusi. Di akhir diskusi, akan diminta perwakilan dari tiap kelompok untuk presetasi ke kelompok lain. Jangan khawatir, sesi presentasi tidak perlu menggunakan laptop. Presentasi hanya dilakukan dengan menjelaskan hasil diskusi kelompok kita ke kelompok lain. Bila lolos LGD, maka tahap selanjutnya adalah wawancara.

Wawancara bersifat random, karena ada peserta lain yang ditanya bahasa Jepang. Ada peserta lain yang diwawancara dengan bahasa Indonesia. Sedangkan saya, diwawancara dengan menggunakan bahasa Inggris. Jangan lupa untuk mempelajari tugas-tugas manager dan jelaskan alasan teman-teman ingin bergabung dengan jelas. Bila lolos tahap wawancara, maka teman-teman akan memiliki kesempatan untuk mengikuti internship.
Untuk tahapan internship, saya tidak bisa menceritakan detilnya seperti apa, karena saya sudah menandatangani kesepakatan untuk tidak menceritakan mengenai internship. Jangan khawatir, karena internship di UNIQLO dapat menambah pengalaman baru untuk teman-teman. Saya bersyukur mendapat kesempatan internship ini (lumayan untuk nambah list pengalaman kerja di CV 😆). Dengan demikian, saya menyarankan teman-teman untuk mengikuti internship ini. Alasannya, dengan mengikuti internship pada sebuah perusahaan, maka teman-teman akan mendapat pemahaman lebih mengenai sebuah perusahaan secara lebih mendalam. Saya kurang tahu apakah semua orang yang ikut internship sudah dapat dipastikan memiliki kesempatan untuk interview akhir atau tidak. Bila teman-teman telah selesai intership, maka teman-teman akan mendapat email undangan untuk interview akhir.
Interview akhir dilakukan di Jakarta dan teman-teman tidak perlu membawa apa-apa. Interview dibagi dalam beberapa sesi. Jangan lupa datang tepat waktu, karena teman-teman diwawancarai oleh orang Jepang. Untuk interview akhir, saya tidak bisa memberikan tips, karena perjalanan saya di UNIQLO berakhir di sini. Saya pribadi menilai persaingan untuk masuk UNIQLO sangat ketat. Karena, dari ribuan orang yang mengikuti tes, kurang lebih hanya 5 orang yang terpilih maju menjadi manager candidate.

Demikian sharing pengalaman saya saat melamar ke UNIQLO. Semoga bermanfaat untuk teman-teman 😊

No comments: